Apa saja faktor Penyebab Kanker Prostat?

Pada tingkat dasar, kanker prostat disebabkan oleh perubahan dalam DNA dari sel prostat normal. DNA membentuk gen kita, yang mengontrol bagaimana sel berperilaku. DNA diwariskan dari orang tua kita. Kita sering terlihat seperti orang tua kita karena mereka adalah sumber dari DNA kita. Tapi DNA mempengaruhi lebih dari penampilan kita. Sebagian kecil (sekitar 5% sampai 10%) dari kanker prostat terkait dengan perubahan DNA diwariskan. Perubahan DNA lainnya terjadi selama seumur hidup seseorang. Beberapa perubahan ini dapat menyebabkan kanker prostat.

Faktor risiko dan penyebab kanker prostat

Umur: Kanker prostat sangat jarang pada pria yang lebih muda dari 40. Kesempatan untuk mendapatkan kanker prostat naik cepat setelah pria mencapai usia 50. Hampir 2 dari setiap 3 kanker prostat ditemukan pada pria di atas usia 65.

Ras: kanker prostat lebih sering terjadi pada pria Afrika-Amerika dibandingkan laki-laki dari ras lain. Afrika-Amerika laki-laki juga lebih cenderung memiliki penyakit lebih maju bila ditemukan dan lebih mungkin untuk meninggal akibat penyakit tersebut. Kanker prostat terjadi kurang sering di Asia-Amerika dan Hispanik / Latino laki-laki dibandingkan non-Hispanik kulit putih. Alasan untuk perbedaan ras dan etnis yang tidak jelas.

Kebangsaan: Kanker prostat adalah yang paling umum di Amerika Utara, Eropa barat laut, dan beberapa tempat lainnya. Hal ini kurang umum di Asia, Afrika, Amerika Tengah dan Selatan. Alasan untuk hal ini adalah tidak jelas. Lebih skrining (pengujian orang yang tidak memiliki gejala) di beberapa negara maju dapat menjelaskan setidaknya sebagian dari perbedaan ini, tetapi faktor-faktor lain yang mungkin penting juga.

Riwayat keluarga: Kanker prostat tampaknya berjalan dalam beberapa keluarga. Pria dengan anggota keluarga dekat (ayah atau saudara) yang telah menderita kanker prostat lebih mungkin untuk mendapatkannya sendiri, terutama jika keluarga mereka masih muda ketika mereka mendapat penyakit. (Risiko lebih tinggi untuk laki-laki yang memiliki saudara dengan penyakit daripada mereka yang memiliki ayah yang terkena dampak.)

Gen: Para ilmuwan telah menemukan beberapa gen yang diwariskan yang tampaknya meningkatkan risiko kanker prostat, tetapi mereka mungkin account hanya sejumlah kecil kasus keseluruhan. Tes genetik untuk sebagian besar gen belum tersedia, dan studi lebih lanjut diperlukan di daerah ini.

Diet: Peran yang tepat dari diet pada kanker prostat tidak jelas, tetapi beberapa faktor telah dipelajari. Pria yang makan banyak daging merah atau lemak tinggi produk susu tampaknya memiliki kesempatan lebih besar untuk terkena kanker prostat. Orang-orang ini juga cenderung makan lebih sedikit buah dan sayuran. Dokter tidak yakin mana faktor-faktor penyebab risiko naik.

Beberapa studi telah menemukan bahwa pria yang mengkonsumsi banyak kalsium atau makanan susu mungkin memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker prostat. Tetapi kebanyakan penelitian belum menemukan link ini dengan kadar kalsium yang ditemukan dalam makanan rata-rata.

Obesitas: Kebanyakan penelitian belum menemukan bahwa menjadi obesitas (kelebihan berat badan sangat) dihubungkan dengan risiko yang lebih tinggi terkena kanker prostat. Beberapa studi telah menemukan bahwa pria obesitas mungkin menghadapi risiko lebih besar untuk mengalami kanker prostat lebih maju dan kematian akibat kanker prostat, tetapi tidak semua studi menemukan ini.

Merokok: Kebanyakan penelitian tidak menemukan hubungan antara merokok dan risiko terkena kanker prostat. Sebuah studi baru-baru ini terkait dengan merokok peningkatan kecil mungkin dalam risiko kematian akibat kanker prostat, tapi ini adalah penemuan baru yang akan perlu dikonfirmasi oleh penelitian lain.

Infeksi dan radang prostat: Beberapa studi telah menyarankan bahwa prostatitis (radang kelenjar prostat) dapat dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker prostat, namun penelitian lain belum menemukan link. Beberapa peneliti juga melihat apakah penyakit menular seksual (PMS) dapat meningkatkan risiko kanker prostat. Sejauh ini, penelitian belum disepakati, dan tidak ada link yang jelas telah dibuat.

Tulisan ini dipublikasikan di Penyebab Kanker Prostat dan tag , , . Tandai permalink.